Hari ini, Selasa, 3 Januari 2023 merupakan Hari Amal Bakti (HAB) ke 77 Kementrian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI).

Hari ini juga segenap insan Kemenag di seluruh tanah air serentak melaksanakan upacara peringatan HAB ke-77 tak terkecuali di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menjadi inspektur upacara HAB ke-77 yang dilangsungkan di Taman Lokasana Ciamis, Selasa 3 Januari 2023.

Peserta upacara diikuti Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemenag, Persatuan Guru Madrasah, Kelompok Kerja Raudhatul Athfal, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam dan siswa-siswi dibawah lingkungan Kantor Kementerian Agama Ciamis, mulai tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA). Termasuk Perwakilan dari anggota SEMA dan DEMA STAI Al-Ma'arif Ciamis yang turut berpartisipasi dalam upacara tersebut.


Dalam amanatnya Bupati Herdiat Sunarya menyampaikan sambutan tertulis dari Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

"Bagi insan Kementrian Agama setiap pergantian tahun memiliki makna khusus. Hari ini Selasa, 3 Januari 2023 keluarga Kemenag memperingati Hari Amal Bakti ke-77,"ujar Bupati Herdiat mengawali sambutan.

Dihadapan ribuan peserta upacara Bupati Herdiat mengajak insan Kemenag untuk mengenal, memahami dan meresapi pesan mengapa dan kenapa Kemenag atau Depag (dulu) dilahirkan dan apakah sudah melakukan pengabdian sebagaimana titah kelahirannya atau belum.

"Saya mengajak kepada seluruh ASN Kemenag untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat," kata Herdiat.

Bupati Ciamis ini pun mengapresiasi atas kinerja ASN lingkup Kementerian Agama yang telah meraih penghargaan Satyalancana Karya Satya. Dia berpesan agar raihan penghargaan menjadi pemicu untuk bekerja lebih giat, terutama dalam melayani masyarakat.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima penghargaan semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan motivasi dan kinerja ASN. Serta menambah kebanggaan sebagai bagian dari Korps Kementerian Agama Republik Indonesia, ” Pungkasnya.


Pada akhir kegiatan upacara peringatan HAB ke-77 dilakukan penyerahan bantuan bencana alam rehabilitasi pembangunan DTA Amaliah Dusun Pasiripis Desa Sindangrasa Kecamatan Banjarsari. Bantuan yang diberikan sebesar 10 juta rupiah, untuk perbaikan rehabilitasi madrasah.



Sumber : 

Media Cyber Bhayangkara

Desk Jabar dot com

Editor : Maman Rukman

5 Komentar

Posting Komentar